Xiaomi Rilis Pill Redmi Pad SE Lebih Terjangkau, Tampil Warna-Warni

Jakarta, Gizmologi – Pasar pill Android semakin ramai terutama dalam beberapa bulan terakhir, di mana beberapa vendor smartphone Tanah Air hadirkan berbagai opsi mulai harga terjangkau sampai kelas flagship. Namun Xiaomi baru saja hadirkan Redmi Pad SE sebagai pilihan yang lebih terjangkau dari generasi sebelumnya.

Mirip dengan Apple, Xiaomi gunakan imbuhan penamaan “SE” untuk menandakan opsi terjangkau dari seri yang hadir. Sebelumnya, telah hadir Redmi Pad tahun lalu di Indonesia sebagai opsi yang menarik di kelasnya. Redmi Pad SE hadir sebagai alternatif lebih murah, alias bukan untuk menggantikan seri yang lalu. Meski secara spesifikasi dan materials desain memiliki sejumlah kesamaan.

Di Indonesia sendiri, Xiaomi baru saja membawa seri Xiaomi Pad 6, dibanderol mulai Rp4,999 juta. Pill Xiaomi terbaru yang satu ini siap memberikan pengalaman menggunakan sebuah pill flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Bisa dibilang, harganya tidak sampai setengah dari opsi paling murah Galaxy Tab S9 Sequence. Lalu bagaimana dengan Redmi Pad SE?

Baca juga: Review Xiaomi Pad 6: Flagship Experience yang Terjangkau

Layar Lebih Besar, Pakai Cip Snapdragon

Secara tampilan, desain Redmi Pad SE memang lebih mirip dengan generasi sebelumnya ketimbang Pad 6. Walau lebih terjangkau, bodinya tetap terbuat dari materials aluminum unibody, dengan bobot yang tetap ringan alias hanya 478 gram saja. Menariknya, tampil dalam tiga opsi warna berbeda; Lavender Purple, Graphite Grey, dan Mint Inexperienced.

Poin menarik lainnya adalah dimensi layar Redmi Pad SE, dibuat sedikit lebih besar menapai 11 inci. Resolusinya sendiri cukup standar yakni fHD+, dengan rasio 16:10 dan panel IPS 16 juta warna. Rasio kontrasnya sudah mencapai 1500:1, diklaim bisa tampilkan warna hitam cukup pekat di kelas harganya. Dengan kecerahan maksimum 400 nits, sudah aman untuk penggunaan indoor maupun out of doors.

Refresh charge pada layar Redmi Pad SE bisa menyesuaikan konten yang diakses, dengan nilai maksimum 90Hz. Melengkapi layar besar, Xiaomi juga menyematkan setup empat speaker stereo. Didukung dengan Dolby Atmos, sertifikasi Hello-Res Audio, bahkan tetap menyediakan opsi jack audio 3,5mm.

Untuk dapur pacu, Redmi Pad SE bisa dibilang setara dengan OPPO Pad Air yang hadir resmi di Tanah Air. Di mana chipset-nya menggunakan Snapdragon 680 octa-core 6nm yang dikenal hemat daya. Cip tersebut dipasangkan dengan penyimpanan inner 128GB, serta opsi RAM 4/6/8GB. Xiaomi tetap berikan slot kartu microSD bila dirasa memorinya kurang luas.

Xiaomi Redmi Pad SE Belum Mendukung Quick Charging

Lantas apa saja fitur yang ‘disunat’ agar harga Redmi Pad SE bisa lebih murah? Selain resolusi layar yang sedikit diturunkan, juga ada pada besaran resolusi kamera depannya, yakni dari 8MP menjadi 5MP f/2.2. Meski begitu, sensornya tetap mengusung sudut pandang lebar, dengan kamera 8MP f/2 di sisi belakangnya. Kedua sisi kamera Redmi Pad SE sama-sama bisa rekam video hingga 1080p 30fps.

Sektor lainnya ada pada teknologi pengisian daya. Walaupun baterainya sama-sama berkapasitas 8,000 mAh dan menggunakan port USB-C, baterai Redmi Pad SE membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi, karena hanya mendukung arus 10W saja. Meski besar kemungkinan tak harus diisi daya setiap malam karena cip yang efisien.

Harga Redmi Pad SE dibanderol mulai 199 Euro atau sekitar Rp3,3 jutaan, untuk varian RAM 4GB. Bila ingin naik ke varian RAM 6GB atau 8GB, selisih harganya berkisar Rp500 ribuan dari tiap varian. Perlu diingat, harga world dengan satuan mata uang Euro memang umumnya lebih mahal. Sehingga Gizmo mates bisa tebak sendiri, kira-kira seberapa murah bila nanti Redmi Pad SE benar-benar hadir resmi.

Artikel berjudul Xiaomi Rilis Tablet Redmi Pad SE Lebih Terjangkau, Tampil Warna-Warni yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi